Memiliki asuransi sepertinya sudah menjadi kebutuhan saat ini dan banyak orang telah sadar akan hal itu. Salah satu jenis yang cukup penting adalah asuransi kecelakaan diri seperti produk Roojai.co.id asuransi di Indonesia. Jenis ini akan melindungi seseorang terhadap berbagai risiko kecelakaan ketika sedang bekerja. Oleh karena itu, pekerjaan berisiko tinggi seperti perawatan listrik, pekerja proyek, atau sebagainya sangat direkomendasikan memilikinya.

Namun, tidak hanya itu saja, masih ada beberapa keuntungan lainnya bisa didapatkan. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak pembahasan lengkap pada kali ini. Selain keuntungan, akan dijelaskan pula beberapa hal yang terkait seperti kapan harus memiliki serta rekomendasi agensi terpercaya agar tidak bingung dalam memilih sehingga bisa mendapatkan manfaat secara maksimal.

Perbedaan Asuransi Kecelakaan Diri dengan Jenis Lainnya

Perbedaan sebenarnya dapat dilihat secara jelas dari segi fungsinya. Sesuai namanya, fungsi perlindungan kecelakaan ini berkaitan apabila anggota mengalami kecelakaan ketika bekerja. Hal ini tentu saja berbeda dengan jenis lainnya seperti perlindungan jiwa dikhususkan melindungi dari risiko kematian, BPJS kesehatan berfungsi proteksi sakit non-kecelakaan, atau BPJS ketenagakerjaan yang mungkin tidak mencukupi biaya total.

Meskipun sama-sama berlaku untuk pekerja, sebagai pemilik BPJS ketenagakerjaan juga masih berhak memiliki proteksi lain seperti asuransi kecelakaan diri yang bersifat swasta. Tujuannya adalah agar bisa membiayai dengan porsi lebih banyak apabila benar-benar mengalami kecelakaan sehingga membutuhkan biaya cukup besar. Selain itu, perlindungan ini juga berlaku pada risiko kematian baik di dalam maupun di luar jam kerja.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri

Memberikan rasa aman

Keuntungan pertama dan yang paling jelas terasa adalah memberikan rasa aman. Seperti kita ketahui, asuransi berperan memberikan jaminan apabila terjadi hal tidak diinginkan di kemudian hari, termasuk juga ketika celaka di tempat kerja. Kecelakaan bisa terjadi kapan saja serta pada siapa saja. Dengan adanya perlindungan ini, maka apabila sewaktu-waktu mengalami hal buruk tersebut, maka masalah pembiayaan tidak akan menjadi masalah.

Perlu diketahui bahwa perlindungan kecelakaan diri ini sifatnya menyeluruh. Artinya, baik itu kecelakaan ringan hingga fatal seperti meninggal dunia akan mendapatkan kompensasi. Hal tersebut tentu saja sangat membantu mengingat pekerja biasanya menjadi tumpuan keluarga. Apabila mengalami insiden tersebut, pendapatan keluarga pasti akan terganggu.

Memberikan proteksi pada keluarga

Meskipun tidak ada yang menginginkan, tidak ada yang tahu bahwa celaka juga bisa mengakibatkan seseorang kehilangan nyawa. Hal tersebut bahkan sudah kerap sekali terjadi, terutama pada para pekerja proyek bangunan. Seperti telah disebutkan sebelumnya, apabila pekerja mengalami kecelakaan, maka keuangan keluarga akan terganggu.

Perlindungan kecelakaan diri akan memberikan kompensasi berupa santunan bulanan selama periode tertentu. Biasanya periode tersebut akan disepakati ketika pertama kali melakukan pendaftaran. Selain kompensasi bulanan, terdapat skema lain berupa uang pertanggungjawaban. Nominalnya pun juga cukup besar sehingga pihak keluarga akan terbantu dalam menyambung kehidupan mereka.

Membantu biaya pengobatan

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya pengobatan semakin lama semakin tinggi. Bukan tanpa alasan, hal tersebut diakibatkan alat-alat kesehatan yang juga semakin canggih. Kondisi seperti ini akan menyulitkan bagi pasien terutama ketika harus melakukan penanganan medis serius seperti rawat inap ataupun operasi. Proteksi ini akan membantu pembiayaan ketika harus menjalani pengobatan.

Menjadi jaminan hari tua

Bagi yang sudah paham pasti akan sepakat bahwa asuransi juga bisa diumpamakan seperti tabungan hari tua. Hanya saja, mungkin bentuknya saja berbeda. Jika tabungan bisa digunakan untuk keperluan apa saja, asuransi lebih ke kondisi tertentu, misalnya ketika barang rusak, kendaraan hilang, atau kecelakaan. Jika jaminan proteksi sudah dimiliki, tentu saja di hari tua pasti akan merasa lebih nyaman.

Kapan Asuransi Kecelakaan Diri Dibutuhkan?

Pertanyaan berikutnya adalah kapan proteksi ini dibutuhkan? Apabila Anda bekerja dengan risiko celaka cukup tinggi, sebisa mungkin miliki proteksi tersebut sesegera mungkin. Meskipun dari pihak perusahaan biasanya akan memberikan asuransi, namun tidak ada salahnya memiliki cadangan agar ketika terjadi insiden hanya tinggal fokus pada penyembuhan saja, tidak lagi bingung memikirkan biaya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa asuransi kecelakaan diri benar-benar dibutuhkan, apalagi jika pekerjaan memiliki risiko tinggi. Mengenai agensi penyedia, salah satu yang terpercaya dan telah terbukti kualitasnya adalah Roojai. Apabila ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Roojai.co.id asuransi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.