Kehadiran Tol memang membuat pengendara dapat mencapai lokasi tujuan dengan lebih cepat. Kondisi jalan yang landai serta bebas hambatan membuat mobil bisa memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Meskipun begitu, sebagai pengendara kita tetap tidak boleh lengah. Nah, berikut ini adalah beberapa tips penting saat berkendara di Tol.

Tips Aman Berkendara di Tol

1. Selalu Fokus

Pada saat berkendara di Tol, hal yang tidak boleh sampai dilupakan adalah tetap fokus dalam berkendara. Fokus harus selalu ada meskipun kondisi di jalan sedang hujan, memutar musik kencang, kondisi kendaraan bergoyang, dan lain sebagainya.

Tetap fokus dalam mengendarai mobil dapat membantu kita terhindar dari mengalami kecelakaan. Jadi, hindarilah melakukan kegiatan yang dapat menghilangkan fokus seperti bermain HP, berkendara sambil makan atau minum, dan yang paling penting pastikan istirahat cukup.

2. Pengereman Efisien

Seperti diketahui, jalan bebas hambatan mempunyai kontur jalan panjang dan lebar. Hal itu membuat kendaraan dapat melaju hingga melebihi batas kecepatan. Oleh karena itu, pengendara harus selalu siap untuk melakukan pengereman secara perlahan. Teknik seperti itu dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang berakibat fatal.

Melakukan pengereman secara perlahan juga dapat sekaligus memberikan sinyal terhadap kendaraan dibelakang untuk melakukan rem. Ketika melakukan pengereman, kita juga wajib untuk selalu memperhatikan kendaraan di belakang agar tidak menyebabkan kecelakaan beruntun saat terjadi pengereman mendadak.

3. Gunakan Lampu Sign Untuk Ganti Jalur

Pada saat berada di Tol, penggunaan lampu sign saat ganti lajur merupakan pengetahuan penting. Lampu sign bisa menjadi salah satu cara bagi para pengendara untuk saling berkomunikasi di jalan. Jadi, dengan menyalakan lampu sign, pengendara lain akan mengetahui kita akan pindah ke jalur mana.

Itulah tadi tips penting berkendara saat berada di jalan Tol. Meskipun terdengar sepele, namun tips di atas hukumnya wajib untuk digunakan. Ketika berada di jalur jalan Tol, orang-orang cenderung akan menarik gas mobil dalam kecepatan sangat tinggi sehingga sedikit kesalahan saja dapat menyebabkan kecelakaan yang berakibat fatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.