Menjaga kesehatan baterai perlu Anda lakukan apabila tidak ingin mengalami baterai bocor atau drop. Namun, masih banyak saja pengguna smartphone yang kurang memperhatikan akan hal tersebut.

Padahal, jika hal ini diabaikan, tidak hanya baterai saja yang dapat rusak tetapi juga perangkat smartphone. Nah, untuk menghindarinya, Anda dapat simak beberapa tips merawat baterai berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Baterai Smartphone

1. Jangan Charge Berlebihan

Tips pertama adalah jangan lakukan pengisian daya secara berlebihan. Kebiasaan ini harus mulai dihindari agar battery dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Pada saat indikator baterai sudah full, jangan lupa untuk segera mencopotnya dari charge. Selain itu, isilah daya ponsel saat masih berada di indikator 20 sampai 80 persen. Dengan begitu, kesehatan battery ponsel dapat lebih terjaga.

2. Gunakan Charge Original

Pada saat Anda membeli HP, pasti akan mendapatkan charger original dari pabrikan. Agar kesehatan battery terjaga, maka sebaiknya Anda jaga dan rawat dengan baik charger bawaan tersebut. Namun, apabila terpaksa harus membeli baru, maka pastikan bahwa produk charger tersebut original.

Hindarilah untuk menggunakan produk charger abal-abal atau KW. Terkadang, pada produk KW tersebut, kualitasnya berada di bawah versi aslinya. Oleh karena itu, jika digunakan dalam jangka waktu lama, ditakutkan dapat membuat battery mengalami kerusakan. Jadi, pada saat beli charge baru, pastikan produknya original dari pabrikan.

3. Jangan Sampai Battery Sering Low

Tips berikutnya adalah jangan pernah membiarkan battery HP sampai terlalu rendah. Pada saat kondisi tersebut terjadi, kinerja smartphone tentu akan terganggu. Jika terlalu sering terjadi, bukan tidak mungkin akan membuat battery cepat mengalami kerusakan. Jadi, apabila indikator sudah menunjukkan pada angka 20 persen, lebih baik segera lakukan pengisian daya.

Begitulah tadi tips untuk menjaga kesehatan batu baterai agar dapat bertahan lama. Meskipun Anda sudah menggunakan smartphone canggih sekalipun, menjaga kesehatan battery tetap wajib untuk dilakukan. Dengan begitu, smartphone akan menjadi lebih awet, bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, dan terhindar dari berbagai macam kerusakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.